Salam Selamat dan Sehat Selalu

Ass. Wr. Wb

Buat Rekan-rekan sejawat, kami buat blog ini untuk sharing informasi yang berkaitan dengan HSE / SHE/ HESS / K3 / OHS / K3L atau apapun namanya tentunya yang berkaitan dengan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Lingkungan. Kami ingin budaya K3L (Keselamatan dan Kesehatan kerja Lingkungan) terjadi di semua kondisi, tentunya kami membutuhkan informasi-informasi dari para rekan yang telah pakar dalam Bidang K3L. Besar harapan saya akan bisa terwujud dalam mensosialisasikan K3L di masyarakat dan perusahaan-perusahaan, khususnya buat teman-teman pemerhati K3L
Silahkan memberi komentar atau saran di BLOGKU ini
Wass. Wr. Wb


Maruf Hadi Prayitno

Monday, December 1, 2008

Kontoversi tentang ASPARTAME???

Menyikapi banyaknya artikel atau pengiriman email dan sayapun juga mendapat kiriman email tentang bahaya ASPARTAME yang katanya bisa menyebabkan penyakit kanker ,Pengerasan Otak atau Sumsum Tulang Belakang dan Lupus yang katanya informasinya dikeluarkan oleh badan POM.

Namun kenyataanya begitu saya surfing diinternet tidak demikian informasi yang menyatakan bahwa ASPARTAME aman dikonsumsi menurut FDA asalkan mengikuti ADI (Acceptable Daily Intake) sebanyak 40 mg/kg berat badan. Kecuali bagi penderita PKU (phenylketonuria)

Phenylketonuria (PKU) adalah gangguan desakan autosomal genetis yang dikenali dengan kurangnya enzim phenylalanine hidroksilase (PAH). Enzim ini sangat penting dalam mengubah asam amino phenylalanine menjadi asam amino tirosin. Jika tubuh kekurangan PAH, phenylalanine akan mengumpul dan berubah menjadi phenylketones, yang bisa dideteksi dari urin Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menimbulkan masalah dalam perkembangan otak, menyebabkan fungsi mental menurun drastis dan serangan-serangan. Meski demikian, PKU merupakan salah satu dari sedikit penyakit genetis yang bisa dikendalikan melalui diet. Pasien yang diet rendah phenylalanine dan tinggi tirosin hampir dapat sembuh total.(Quote from WIKIPEDIA)

Kondisi ini membuat banyak pembaca menjustifikasi bahwa ASPARTAME tidak aman sehingga menyebabkan kontroversi dimasyarakat akan pemakaiannya. Aspartame di Indonesia banyak digunakan dalam beberapa produk seperti diet DM (kencing manis), Diet obesitas (kegemukan), pemanis beberapa minuman namun tidak disarankan pada makanan yang membutuhkan pemanasan yang tinggi. Lalu bagaimana pendapat anda, kami tunggu komentarnya!!!!!

Baca juga info yang berhubungan dengan artikel ini:

  1. Aspartame Aman

  2. Bahaya Aspartame

  3. Aspartame.org


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home